Info Kegiatan :

.: BERITA :.


Records 1 to 20 of 285

1 . KUNJUNGAN SMA NEGERI 2 PASURUAN
2014-04-24 14:13:23.172003

Di  bulan April ini tanggal 25 April 2014, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dikunjungi oleh siswa - siswi SMA Negeri 2 Pasuruan. Kunjungan yang selanjutnya diarahkan ke bidang layanan dan informasi ini berjumlah 60 orang yang terdiri 6 pembina/ guru pendamping dan 54 siswa.

2 . TALK SHOW MINAT DAN KEBIASAAN BACA MASYARAKAT
2014-04-24 10:35:55.969004

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Publikasi, promosi Perpustakaan dan Jasa Kearsipan melaksankan kegiatan Talk Show Minat Baca yang dilaksanakan pada hari Selasa, 22 April 2014 bertempat Gedung "Graha Pustaka" LT II Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Jl. Menur Pumpungan No. 32 Surabaya. Dengan Nara sumber 1. Diknas Provinsi Jawa Timur. 2. Konsultan Praktisi Pendidikan Anak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan Minat Baca Siswa- Siswi yang ada di Jawa Timur Khususnya di Surabaya dapat Meningkat.

Peserta kegiatan tersebut 500 peserta dari Siswa-Siswi SMA/SMP yang ada di Surabaya. 

3 . SOSIALISASI JADWAL RETENSI ARSIP KEUANGAN DI LINGKUNGAN PEMPROV JATIM
2014-04-07 10:29:23.977003

Salah satu sumber daya organisasi adalah informasi. Informasi yang selalu dan setiap saat diciptakan, dibuat organisasi adalah arsip. Arsip merupakan informasi yang terekam yang dapat berperan sebagai sumber informasi maupun bahan pengambilan keputusan bagi pimpinan. Kenyataannya sampai sekarang masih ada sebagian aparatur yang masih mengabaikan masalah arsip. Arsip tertumpuk ditempat yang bukan tempatnya, tanpa ditata dan dikelola dengan baik dan benar, sehingga mengakibatkan sumber informasi tersebut tidak dapat didayagunakan secara maksimal.

Untuk itulah maka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan sosialisasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 70 Tahun 2013 tentang Jadwal Retensi Arsip Keuangan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah ditetapkan pada tanggal 4 Oktober 2013 di Hotel Sinar Sidoarjo tanggal 11 Pebruari 2014. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yang dihadiri oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebanyak 70 Peserta.

4 . SOSIALISASI PEDOMAN UMUM AKREDITASI DAN SERTIFIKASI KEARSIPAN
2014-04-07 10:18:13.086

Dalam rangka upaya mempertinggi mutu penyelenggaraan kearsipan sesuai standar, prinsip, dan kaidah kearsipan diperlukan pengakuan terhadap mutu, kualifikasi dan kelayakan terhadap lembaga kearsipan. Disinilah perlu akreditasi terhadap lembaga kearsipan atau Unit Kearsipan dan sertifikasi terhadap Sumber Daya Manusia kearsipan.

Untuk itulah maka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan Sosialisasi Pedoman Akreditasi dan Sertifikasi Kearsipan di Hotel Sahid Surabaya pada tanggal 20 Pebruari 2014. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Drs. A. Mudjib Afan, MARS yang dihadiri oleh Kepala Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota dan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebanyak 70 Peserta.

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur berdasarkan hasil penilaian dan verifikasi yang telah dilaksanakan oleh Tim Akreditasi Kearsipan Arsip Nasional RI terhadap unsure kelembagaan, pengelolaan arsip, prasarana dan sarana kearsipan serta Sumber Daya Manusia Kearsipan dinyatakan bahwa Lembaga Kearsipan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan penyelenggaraan kearsipan sesuai dengan standar, prinsip, dan kaidah kearsipan kearsipan terakreditasi untuk penyelenggaraan kearsipan dengan nilai akreditasi 2,74 atau dengan kualifikasi A kategori memuaskan. Dengan adanya akreditasi yang dicapai lembaga kearsipan Provinsi Jawa Timur ini harapannya lembaga kearsipan Kabupaten/Kota juga bisa mendapatkan akreditasi yang sama.

5 . BIMBINGAN TEKNIS ARSIP MASUK DESA ANGKATAN II TAHUN 2014
2014-04-03 13:51:47.327002

Peran penting Arsip dalam administrasi pemerintahan semakin dirasakan sehingga diperlukan pemahaman yang mendalam terhadap hal tersebut. Dalam kaitannya dengan hal tersebut Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa bagi Sekretaris Desa/Kelurahan se Jawa Timur Angkatan I Tahun 2014 di Hotel Grand Mahkota Jl. Sunan Drajad No. 8 Lamongan Sejak dicanangkan program AMD tahun 2009 Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa sebanyak 18 angkatan dengan peserta 1.187 Sekretaris Desa/Kelurahan. Dalam sambutannya Drs. A. Mudjib Afan, MARS, Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa Program Arsip Masuk Desa menjadi sangat strategis mengingat pemerintahan desa merupakan ujung tombak pelaksanaan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Kalau kita melihat perjalanan pemerintahan, desa merupakan cikal bakal dan bukti nyata tumbuhnya kehidupan berdemokrasi di Indonesia. Program Arsip Masuk Desa ini diharapkan dapat mendorong desa dan institusi desa lainnya dalam meningkatkan layanan masyarakat melalui Tertib Arsip.

Melalui pelatihan kearsipan ini diharapkan arsip-arsip desa termasuk diantaranya arsip vital desa dapat diselamatkan tidak dibawa pulang Kepala Desa, tapi dapat dikelola secara sentral oleh Sekretaris Desa/Kelurahan yang berfungsi sebagai Unit Kearsipan Desa/Kelurahan.

Lebih lanjut Kepala Badan mengungkapkan “ bahwa arsip desa adalah arsip Negara yang harus diberlakukan sesuai Undang-Undang nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Oleh karena itu bagi pejabat yang tidak memberlakukan arsip sesuai Undang-Undang 43 tersebut dapat diancam dengan sanksi administratif bahkan bisa terkena hukuman pidana. Setiap orang yang dengan sengaja menguasai dan atau memiliki arsip Negara, diancam pidana 10 tahun penjara atau denda maksimal 500 juta”.

6 . BIMBINGAN TEKNIS ARSIP MASUK DESA ANGKATAN I TAHUN 2014
2014-04-03 13:41:53.514004

Desa dan kelurahan merupakan ujung tombak layanan pemerintah kepada masyarakat, oleh karena itu arsip harus tertata dengan baik agar masyarakat yang membutuhkan pelayanan dapat dilayani dengan cepat, tepat dan akurat. Demikian sambutan Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Pemasyarakatan Kearsipan Drs. Tidor Arif T. Djati, MM pada pembukaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa bagi Sekretaris Desa/Kelurahan se Jawa Timur Angkatan I Tahun 2014, Selasa tanggal 11 Pebruari 2014 di Kusuma Agrowisata Hotel & Covention Jl. Abdul Gani Atas – Batu. Sejak dicanangkan program AMD tahun 2009 Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa sebanyak 17 angkatan dengan peserta 1.122 Sekretaris Desa/Kelurahan.

Bahwa arsip merupakan suatu yang hidup, tumbuh dan berkembang sesuai dengan kehidupan masyarakat maupun tata pemerintahan. Sesuai dengan ketentuan tata kearsipan yang sudah baku tentang mekanisme, proses maupun prosedur pengelolaannya, maka penataan, pemeliharaan sampai dengan penyusutannya diperlukan tenaga-tenaga yang trampil dan penuh dedikasi untuk mengelola arsip dimaksud.

Dalam kesempatan ini, beliau mengajak kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan kesungguhan dan disiplin agar bermanfaat serta dapat diaplikasikan dalam penanganan arsip di Kantor masing-masing, tanamkan niat sanubari paling dalam   bahwa tugas yang diemban adalah merupakan bentuk tanggung jawab kepada masyarakat.

7 . WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS TEKNIK BERCERITA
2014-03-28 12:00:18.104

Penyelenggaraan workshop peningkatan kualitas teknik bercerita ( storytelling )

Dalam rangka menumbuhkan minat baca anak dan budaya baca masyarakat maka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur telah melakukan workshop peningkatan kualitas teknik bercerita (storytelling ).  Penyelenggaraan workshop ini dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2014 yang diikuti oleh petugas layanan perpustakaan kabupaten/ kota, pustakawan dan guru. Adapun pengisi acara adalah Ki Heru Cakra dan Kak Nitnit. (ima)

8 . PENYELENGGARAAN BEDAH BUKU
2014-03-28 11:54:26.534003

Penyelenggaraan bedah buku di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur tahun 2104.

Dalam rangka memacu pertumbuhan kunjungan pemustaka,  Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur telah melakukan terobosan kegiatan yang dianggap menarik saat ini yaitu bedah buku dengan judul Gurunya Manusia: menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara,  karangan Munif Chatib. Bedah buku tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2014 bertempat di R. Graha Pustaka lantai 2 Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Acara tersebut dihadiri oleh guru, siswa SLTP/ SLTA, pemustaka ( umum ), pustakawan kantor perpustakaan dan arsip kabupaten/ kota serta pejabat struktural. Adapun manfaat bedah buku secara umum yaitu mendalami secara mendalam isi dari buku sehingga dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari buku tersebut. (ima) 

9 . KUNJUNGAN MEMBLUDAK
2014-03-27 13:18:13.108003

KUNJUNGAN MEMBLUDAK DI BIDANG LAYANAN PERPUSTAKAAN

 Kamis, tanggal 27 Maret 2014 pukul 08.30 WIB Layanan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur kedatangan secara mendadak pemustaka dari SMP Maryam, Jl. Manyar Sambongan No.119 Surabaya sebanyak 95 siswa kelas IX dan didampingi guru 4 orang. Tujuan mereka berkunjung ke Perpustakaan untuk menambah pengetahuan untuk memotivasi pembelajaran mereka dari buku yang belum dimiliki Perpustakaan sekolah mereka dan memperdalam latihan soal-soal UNAS bekal menghadapi UNAS nantinya. (Rhy)

 

 

10 . Rapat Teknis Preservasi Koleksi Perpustakaan Tahun 2014
2014-03-21 13:37:01.53

       Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Rapat Teknis Preservasi Koleksi Perpustakaan yang dilaksanakan pada Hari Selasa dan Rabu, Tanggal 25 s.d  26 Pebruari 2014. Penyelenggaraan kegiatan tersebut dalam rangka pelestarian dan perawatan koleksi perpustakaan sebagai penunjang layanan kepada masyarakat. Tempat pelaksanaan di Hotel Cendana, Jl. Kombes Pol M. Duryat No. 6 Surabaya diikuti oleh 50 peserta. Peserta terdiri dari pustakawan dan pengelola perpustakaan yang terdiri dari 38 pustakawan Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota di Jawa Timur, 10 pustakawan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Prop. Jatim, 1 pustakawan dari Pergurusan Tinggi dan 1 pustakawan Museum Trowulan.

 

11 . KAMUS UMUM BAHASA ISYARAT INDONESIA
2014-03-19 10:57:41.081003

kamus Umum Bahasa Isyarat yang berjumlah dua eksemplar menjadi magnit pengunjung perpustakaan. Pada mulanya koleksi tersebut dibaca seorang pengunjung berusia 57 tahun yang sebelumnya mencari buku tentang bahasa tubuh,tapi ketemu buku kamus Umum bahasa isyarat Indonesia. Buku yang berjumlah 900 halaman diterbitkan oleh Lembaga Komunikasi Total Indonesia tahun 1996, kamus tersebut diperuntukkan bagi para tunarungu, dengan harapan agar para tunarungu Indonesia dapat mengembangkan potensialitasnya secara optimal dan mampu menggunakan hak dan kewajibannya seperti saudara-saudaranya yang lain. Jika anda membutuhkan ada di lantai II Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan kode. R.302.222 03/GUN/k(yns)

12 . PENGEMBANGAN MINAT DAN KEGEMARAN MEMBACA DI KOTA MOJOKERTO
2014-03-19 10:43:53.019

Peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan kerap disandingkan dengan hobby seseorang terhadap membaca apapun, di manapun dan kapanpun. Pada dasarnya hobby membaca berkaitan erat dengan budaya membaca suatu keluarga, masyarakat, daerah, bahkan budaya suatu bangsa. Sebuah keluarga yang menerapkan budaya membaca, akan lebih mudah mengkondisikan anggota keluarganya untuk mempunyai minat dalam membaca.

13 . kunjungan SMK PGRI 10 Surabaya
2014-03-18 07:57:52.878003

14 . LOMBA FOTO JURNALISTIK 2014 (Dinamika Pemilu di Jawa Timur)
2014-03-17 11:44:45.784003

OBYEK FOTO :

Peristiwa dan kejadian yang berkaitan dengan pelaksanaan PEMILU tahun 1999 sampai 2014 yang terjadi dan berada di wilayah Jawa Timur

Belum pernah di publikasikan dan belum pernah memenangi kompetisi Fotografi

PESERTA :

Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI)

15 . MENGGALI KEBUDAYAAN OSING MELALUI SEJARAH LISAN
2014-03-10 14:53:15.448002

Di negara kita koleksi bahan dokumenter mengenai perorangan atau masyarakat, khususnya dalam lingkup kebudayaan belum banyak. Dapat dikatakan mereka kalah dengan tokoh politik atau selebritis. Padahal informasi manusia dan kebudayaan masyarakat di suatu daerah lebih menarik untuk dikaji. Ia tidak akan usang dimakan waktu, bahkan akan selalu dicermati perkembangannya. Oleh karena itu, perlu dicari upaya untuk pengumpulan data dan informasi yang berkenaan dengan budaya dan adat-istiadat suatu komunitas masyarakat sebagai rekaman fakta budaya bangsa

16 . PENYUSUNAN GUIDE ARSIP KOLEKSI MUSEUM
2014-03-10 14:05:30.089

Penyusunan Guide Arsip Koleksi Museum, Keberadaan arsip bagi suatu bangsa akan memperkuat jati diri bangsa tersebut. Oleh karena itu kepemilikan arsip oleh suatu bangsa semestinya diikuti dengan pengelolaan arsip yang sebaik-baiknya, sehingga seluruh kegiatan atas pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dapat ditemukan buktinya didalam catatan arsip tersebut. Akan tetapi bagi bangsa yang tidak mampu mengelola arsipnya dengan baik tentu akan mengalami kesulitan dalam menemukan kembali serta memberikan informasi atas segala kegiatan yang telah berlangsung pada masa sebelumnya.

17 . WORKSHOP WAWANCARA SEJARAH LISAN
2014-02-24 14:54:14.367

Sejarah sebagai peristiwa masa lampau dapat ditulis kembali berdasarkan sumber-sumber sejarah yang dapat ditemukan. Meskipun demikian, tidak semua peristiwa pada masa lampau dapat ditulis kembali secara lengkap karena terbatasnya sumber sejarah. Seiring dengan berkembangnya penulisan sejarah yang multi dimensional dan multidisiplin, sumber yang dibutuhkan pun menjadi sangat beragam.

Berbicara tentang sumber, apakah itu dokumen baik lisan, tertulis, visual cetak, elektronik, sama dengan berbicara tentang teks, yaitu sekumpulan informasi yang dihimpun dengan cara tertentu sehingga dapat dipahami oleh “pembaca”nya

18 . TIM TANGGAP BENCANA KORBAN ERUPSI GUNUNG KELUD MENDAPAT TUMPANGAN PENGUNGSI
2014-02-24 10:32:21.024004

Rabu, 19 Pebruari 2014, Tugas utama tim ini adalah melaksanakan survey dan peyelamatan serta penyuluhan terhadap arsip-arsip masyarakat yang terkena dampak erupsi gunung kelud. Keberangkatan Tim Liputan dan Dokumentasi yang bertugas untuk melaksanakan tugas pendokumentasian bukan berarti menyalahi seuatu aturan dan tupoksi bahwa Badan Perpustakaan dan kearsipan tugasnya adalah sebagai pencipta arsip, namun keberadaan tim ini melengkapi potongan-potongan kejadian dan informasi di masyarakat yang tidak terdokumentasikan oleh Instansi yang bertugas untuk melakukan pendokumentasian dan peliputan. Kita semua tahu proses untuk mendapatkan bukti-bukti sejarah (kejadian) kalau hanya sebatas mengandalkan fungsi koordinasi saja dengan Instansi Pencipta seringkali hasilnya kurang maksimal, hal ini akibat masih kurangnya pemahaman dan kepedulian Instansi pencipta untuk menyerahkan arsipnya.

19 . SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 46 TAHUN 2011 TENTANG PENILAIAN PRESTASI KERJA PNS
2014-02-07 15:05:56.95

Pada tanggal 4 s/d 5 Pebruari 2014, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Tretes Raya, Prigen, Pasuruan. Peserta kegiatan adalah para PNS dari masing-masing bidang dan sekretariat di lingkungan internal Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, dengan jumlah peserta sebanyak 75 orang.

20 . BIMBINGAN TEKNIS PENDAMPINGAN KECAMATAN DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN DESA/KELURAHAN TANGGAL 22-23 JANUARI 2014 DI KAB. SITUBONDO DAN 27-28 JANUARI 2014 DI KAB. MALANG
2014-02-03 14:03:05.282004

Bidang Pembinaan perpustakaan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Bagi Pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan, Pengurus PKK, Perpustakaan Sekolah dan Perangkat Kecamatan di Kabupate Situbondo pada tanggal 22-23 Januari 2014.


Records 1 to 20 of 285