Info Kegiatan :

.: BERITA :.


Records 1 to 20 of 362

1 . SOSIALISASI PERATURAN MENPAN DAN REFORMASI BIROKRASI NO.48 TAHUN 2014 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL ARSIPARIS
2015-06-29 10:16:56.849

Dalam rangka peningkatan pemahaman dan wawasan terhadap peraturan-peraturan baru di bidang kearsipan, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 48 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Arsiparis. Dengan hadirnya peraturan ini segera disosialisasikan ke segenap pemangku kepentingan di Jawa Timur, sehingga informasinya bisa sampai dan dipahami oleh semua kalangan baik pembina arsiparis di lembaga kearsipan kabupaten/kota, para arsiparis dan juga dari unsur Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Sosialisasi kearsipan ini diselenggarakan pada tanggal 21 Mei 2015 bertempat di Aula I Gedung Pusat Humaniora Kebijaksanaan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat - Kementrian Kesehatan RI Jl. Indrapura no. 17 Surabaya, yang dibuka oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Bp. Drs. Sudjono, MM. Narasumber yang dihadirkan adalah Bp. Sumitro, SH.,MAP, Direktur SDM dan Sertifikasi Kearsipan Arsip Nasional RI dengan menyampaikan materi tentang isi Peraturan MENPAN dan Reformasi Birokrasi no. 48 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Arsiparis.

2 . Menpan & RB Yuddy Chrisnandy dan dan Pakde Karwo Gub. Jatim Kunjungi Stand Inovasi Pelayanan Publik BAPERSIP Prov. Jatim.
2015-06-16 09:06:10.971

Sidoarjo,15 Juni 2015. Bertempat di GOR Delta  Sidoarjo, Kementerian PAN&RB, Pemerintah Provinsi Jatim dan Pemkab Sidoarjo mengadakan Gelar Inovasi dan Simposium Pelayanan Publik Tahun 2015, dibuka oleh Menpan & RB, Senin 15 Juni 2015. Adapun tujuan diadakan acara ini adalah untuk mempromosikan inovasi pelayanan publik dari kementerian, lembaga, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota guna menstimulasi inovasi pelayanan publik dan berbagi pengalaman inovasi pelayanan publik serta mendorong dilakukannya replikasi inovasi pelayanan publik ke daerah lainnya

3 . PEMENANG LOMBA IMPLEMENTASI BUDAYA BACA MELALUI UJI CERDAS SISWA SLTA TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015
2015-06-08 09:57:37.346

  

4 . UJI KOMPETENSI DANSERTIFIKASI ARSIPARIS JAWA TIMUR
2015-06-03 14:46:26.618

Dalam menghadapi tantangan diera globalisasi dan perkembangan teknologi /informasi serta komunikasi yang berkembang saat ini, memberikan dampak luar biasa pada pengelolaan arsip. Hal ini memerlukan tenaga fungsional arsiparis yang tidak hanya trampil tetapi juga memiliki profesionalitas dan kompetensi dibidangny agar mampu bersaing dengan profesi lain.

untuk terus memacu semangat untuk mengembangkan potensi diri Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan uji kompetensi dan sertifikasi fungsional arsiparis se-Jawa Timur, tanggal 23 - 24 April 2015 di Ruang Pertemuan lantai III  Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Jl. Jagir Wonokromo No. 350 Surabaya.

uji kompetensi dan sertifikasi fungsional arsiparis dibuka oleh Dr. H. Andi Kasman, SE.MM Deputi Pembinaan Bidang Kearsipan Arsip Nasional RI mengharapkan agar fungsional arsiparis Jawa Timur siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan mempersiapkan diri untuk selalu meningkatkan kompetensi diri masing-masing arsiparis, sementara itu Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Drs. Sudjono, MM, dalam arahannya mengatakan " bahwa arsip sebagai bukti akuntabilitas kinerja aparatur, menjadi syarat utama dalam penyelenggaraan good and clean government. Hal ini harus didukung oleh penyelenggaraan tata kelola administrasi yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat menjamin ketersediaan arsip yang otentik dan terpercaya sebagai bukti yang sah. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan tenaga fungsional arsiparis yang profesional, handal serta berdedikasi tinggi terhadap profesinya".  

Uji kompetensi dan sertifikasi fungsional arsiparis diikuti oleh 22 (dua puluh dua) arsiparis di Jawa Timur. Untuk menguji sekaligus memberikan pembinaan terhadap arsiparis, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mendatangkan assesor dari Arsip Nasional RI, yaitu Dr. H. Andi Kasman, SE.MM Deputi Pembinaan Kearsipan, Muhammad Sumitro, SH.MAP Direktur SDM Kearsipan, Abdullah Sobri, SE.MAB Subdit. Sertifikasi dan Iwan Setiawan, S.Kom Arsiparis ANRI.

5 . FORKOM MASYARAKAT SADAR ARSIP (FKMSA) TAHUN 2015
2015-06-03 11:20:40.444

Sosialisasi kearsipan dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk, salah satunya yaitu melalui kegiatan Pembentukan dan Pembekalan Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi ruang pada masyarakat untuk berperan aktif di bidang kearsipan. Untuk mewadahi kegiatan peran serta masyarakat tersebut salah satunya dibentuk Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip. Komunitas sadar arsip ini mengambil sasaran Mahasiswa di Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta di Jawa Timur.

Mahasiswa diharapkan dapat sebagai Agent of Change di masyarakat, karena mahasiswa dapat melakukan perubahan dan mampu menyebarluaskan informasi dan kegiatan kearsipan kepada masyarakat luas. Dengan demikian komunitas masyarakat sadar arsip ini sebagai pionir dan ikut andil serta terlibat aktif dalam pengembangan dan pembangunan kearsipan di Jawa Timur.

Pembentukan forum komunitas masyarakat sadar arsip tahun 2015 ini dibuka oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Drs. SUDJONO, MM, dalam arahannya mengatakan " Saudara para Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip menjadi penyemangat bagi kami dalam mewujudkan penyelenggaraan kearsipan di Jawa Timur yang lebih dinamis dan komprenhensif, sehingga kedepan diharapkan keberadaan arsip dapat menjadi tuntunan bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara". kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang sama tahun 2014 sebagai tahap awal, diselenggarakan pembekalan terhadap kelompok Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip yang diselenggarakan tanggal 14 – 15 April 2015  di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Jalan Ketintang Wiyata 26 Surabaya. Setelah mendapatkan pembekalan kearsipan, nantinya tiap kelompok FKMSA secara aktif melakukan kegiatan kearsipan di masyarakat.

6 . UNDANGAN 10 NOMINATOR PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH SLTA TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015
2015-06-01 14:15:35.029

  

Klik Gambar untuk melihat secara keseluruhan

7 . 10 NOMINATOR PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN SLTA TERBAIK TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015
2015-06-01 14:08:53.422

  

Klik Gambar untuk melihat secara keseluruhan

8 . KURSUS KEPRIBADIAN JOHN ROBERT POWER
2015-05-29 10:22:16.003

Pada tanggal 21 - 22 Mei 2015 staf layanan mengikuti Kursus Kepribadian di lembaga John Robert Power di Jalan Embong Kemiri No. 4 Surabaya. Tujuan dari kursus tersebut adalah untuk meningkatkan Profesionalisme Sumber Daya Manusia staf layanan dan Pustakawan.

9 . PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN UMUM/DESA KABUPATEN/KOTA TERBAIK TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015
2015-05-19 09:44:07.792

10 . PEMENANG LOMBA IMPLEMENTASI BUDAYA BACA MELALUI UJI CERDAS SISWA SLTA TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR DI BAKORWIL PAMEKASAN
2015-05-19 08:23:39.88

 

Dalam rangka untuk meningkatkan budaya kegemaran membaca dilingkungan siswa, khususnya siswa SLTA di Jawa Timur dan untuk menanamkan rasa Nasionalisme Kebangsaan serta rasa Patriotik Jiwa Kepahlawanan para generasi muda, maka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur akan melaksanakan Lomba Implementasi Budaya Baca melalui Uji Cerdas Siswa SLTA Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2015. Pelaksanaan Lomba ini dilaksanakan melalui 2 ( dua ) Tahap. Tahap I dilaksanakan seleksinya melalui BAKORWIL, peserta yang mewakili Kabupaten / Kota akan berkompetisi untuk menjadi Juara ( Pemenang ) di masing-masing BAKORWIL. Selanjutnya masing-masing Pemenang I di masing-masing BAKORWIL akan mengikuti Lomba pada Tahap II.

Tahap II merupakan Final untuk menyeleksi peserta menjadi Juara I, II III dan IV Lomba Implementasi Budaya Baca melalui Uji Cerdas Siswa SLTA Tingkat Provinsi Jawa Timur.

11 . English Club Weekend
2015-05-15 13:26:35.678

English Club Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mengadakan aktivitas lapangan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 9 dan 10 Mei 2015 di Batu. Acara diawali dengan wisata kuliner, makan malam bersama di areal alun - alun kota Batu, dilanjutkan dengan berbagai permainan ( games ) hingga larut malam. Hari berikutnya adalah jalan - jalan pagi ( hangaround ), berolahraga menikmati sejuknya udara pagi sambil terus belajar bahasa inggris dalam suasana santai dan informal. Setelah membersihkan diri dan makan pagi, kegiatan dilanjutkan dengan kuis - kuis kata bahasa inggris di gazebo. Siang harinya peserta kembali ke Surabaya.

12 . SEKILAS GULA DI JAWA TIMUR (Dunia Mengakui Tebu Ajaib Berasal dari Tanah Jawa)
2015-05-06 12:03:30.692

Sekitar abad 17 pemerintah Hindia Belanda memperkenalkan tanaman tebu melalui sistem tanam paksa atau biasa disebut Culture Stelsel. Hal ini  dilakukan untuk memperbaiki keuangan pemerintah Belanda yang menipis akibat perang. Tujuan tanam paksa adalah untuk mendapatkan hasil bumi yang sebesar-besarnya termasuk gula yang laku dipasaran Eropa. Sejak masa itulah berkembang industri gula di Indonesia khususnya di Jawa Timur.

Pada tahun 1870 tanam paksa dihapus oleh pemerintah Hindia Belanda, sejak itu pabrik gula diharuskan untuk menanam tebu sendiri dengan sistem sewa tanah dari petani. Pada tahun 1930 industri gula mulai berkembang pesat, sehingga di pulau Jawa terdapat 179 buah pabrik gula dan 16 perusahaan tebu, sehingga Jawa terkenal dengan penghasil tebu kedua setelah Cuba

13 . TELAH TERBIT BUKU LIMA TAHUN PEMERINTAHAN JAWA TIMUR
2015-05-06 11:36:57.165

There is no Administration without Archive ...

There is no History without Archive ...

There is no Juctice without Archive ...

Adalah ungkapan betapa pentingnya sebuah arsip suatu pemerintahan. Bangsa yang besar dan beradap akan selalu menuliskan sejarahnya sebagai warisan untuk generasi berikutnya. Sebagai naskah sumber arsip, adalah suatu aset yang berharga serta merupakan warisan nasiona! dari generasi yang perlu dipelihara dan dilestarikan.

Tidak dapat dipungkiri terbitnya buku "Lima Tahun Pemerintahan Jawa Timur, Pakde Karwo dan Gus Ipul, 2009 - 2014" memberikan kontribusi yang besar terhadap bahan pustaka terpilih, yang bisa dijadikan referensi semua pihak. Buku ini juga merupakan naskah sumber arsip estafet pemerintahan yang ada di Jawa Timur. Dimana masyarakat Jawa Timur menghendaki adanya suatu keadilan yang berkaitan dengan informasi dari kiprah pemimpinannya.

14 . Executif Board Meeting International Council on Archives (ICA) and International Seminar Archives Preservation and Access in Global Era : The Improvement of Democracy and Public Welfare
2015-05-05 10:44:53.381

DENPASAR – 27 April s.d 1 Mei 2015, Dalam rangka meningkatkan wawasan, pengetahuan, ketrampilan didalam pengelolaan arsip – arsip tekstual, audiovisual dan media digital, profesionalisme, preservasi dan akses arsip statis serta dalam upaya menjalin hubungan kerjasama sesama anggota asosiasi guna memperluas khasanah dan pengelolaan arsip dengan basis tehnologi informasi dalam hal ini Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur di dampingi sekretaris dan Kepala Bidangnya menghadiri acara seminar internasional ini.

Bertempat di Inna Grand Bali Beach tahun 2015, Negara Indonesia dalam hal ini Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Pertemuan Dewan Eksekutif atau Executive Board Meeting Dewan Kearsipan Internasional atau International Council on Archives (ICA)

15 . BIMBINGAN TEKNIS ARSIP MASUK DESA ANGKAT AN II TAHUN 2015
2015-04-29 12:42:24.378

Kehadiran Program Arsip Masuk Desa (AMD) yang kemudian ditindaklanjuti oleh seluruh provinsi di Indonesia, membawa perubahan signifikan dalam tata kelola arsip Desa/Kelurahan. bukan itu saja dengan adanya program ini pemerintah juga memberikan peluang besar pada Sekretaris Desa/Kelurahan sebagai pimpinan unit kearsipan  Desa/Kelurahan serta bertanggungjawab terhadap pengelolaan kearsipan  Desa/Kelurahan. mengapresiasi program AMD, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur sebagai lembaga pembina kearsipan di Provinsi Jawa Timur, , sejak dicanangkannya program AMD tahun 2009, telah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa terhadap 1.487 orang Sekretaris Desa/Kelurahan. Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa bagi Sekretaris Desa/Kelurahan se Jawa Timur Angkatan II Tahun 2015 ini diselengarakan di UPT Pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur Wonojati Jl. Raya Mondoroko No. 1 Singosari - Malang, tanggal 30 Maret – 2 April 2015.

Bimbingan Teknis dibuka oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Drs. Sudjono, MM, dalam arahannya mengatakan, Arsip sebagai sumber informasi dapat menjadi bukti akuntabilitas kinerja aparatur pemerintah. Bahkan arsip dapat menjadi bukti kelangsungan proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui arsip inilah sesungguhnya kita dapat membaca informasi lebih jauh tentang kontribusi dan peranan pemerintahan desa dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya  dibutuhkan tenaga kearsipan yang profesional, handal serta berdedikasi tinggi terhadap profesinya.

16 . 10 NOMINATOR PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN DESA / KELURAHAN, KABUPATEN / KOTA TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015
2015-04-28 09:50:56.814

  

17 . WORKSHOP PEMANFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL BAGI PEMUSTAKA
2015-04-27 12:35:51.534

Pada tanggal 22 dan 23 April 2015 Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Workshop Pemanfaatan Perpustakaan Digital Bagi Pemustaka. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 ( dua ) hari dengan peserta yang berbeda. Pada hari pertama peserta dari SMA, SMK serta pemustaka dan juga sekolah dari Kabupaten/ kota di Jawa Timur. 

18 . Kunjungan Mahasiswa Universitas Diponegoro
2015-03-21 15:40:24.978

Surabaya, Jum’at  06 Maret 2015 Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mendapat kunjungan dari teman-teman mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang . Hadir pada acara tersebut Bapak Kepala Badan Drs Sudjono,MM, beserta Sekretaris dan Kepala Bidang  di Lingkungan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Dalam kunjungan tersebut teman-teman mahasiswa dari Universitas Diponegoro ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengelolaan dan penyelenggaraan  perpustakaan dan kearsipan di Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pemaparan pertama disampaikan oleh Bapak Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur tentang berbagai kebijakan-kebijakan didalam penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan di Jawa Timur, hal tersebut diperjelas juga oleh Bapak Drs. Hasto Hendarto, MM Sekretaris Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur tentang pembangunan dan penyediaan sarana dan prasarana didalam penyelenggaraan perpustakaan dan kearsipan dalam rangka melayani masyarakat Jawa Timur.

19 . SOSIALISASI KEARSIPAN DAN PEMBERIAN BANTUAN BUKU KE PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DAN IHYA ULUMIDDIN KABUPATEN BANYUWANGI
2015-03-16 11:46:59.782

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur  pada tahun 2015 mempunyai program kegiatan  Sosialisasi Kearsipan dengan mengambil sasaran Pondok Pesantren di Jawa Timur. Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang khas Indonesia, banyak Tokoh dan keberhasilan Pesantren  dalam membangun bangsa, tapi hanya sedikit informasi dan khasanah arsip yang didapat di Pesantren, hal ini  disebabkan karena keterbatasan pemahaman terhadap arsip sehingga arsip belum menjadi prioritas untuk dikelola secara baik, sehingga informasi dan bukti-bukti dokumen kegiatan Pesantren yang tidak terselamatkan dan bahkan hilang dengan sendirinya. 
Melalui inisiatif  kegiatan sosialisasi kearsipan di lingkungan Ponpes inilah, harapannya adalah terselamatkan informasi penting di lingkungan Pondok Pesantren di Jawa Timur untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang.  Sasaran Sosialisasi kearsipan sebanyak 20 Ponpes dengan jumlah peserta 600 orang, yang terdiri dari para pengurus/tenaga administrasi Ponpes dan  tenaga Tata Usaha Sekolah di lingkungan Ponpes.  Dilakukan dengan cara  proaktif mendatangi langsung ke lokasi Pondok Pesantren dengan koordinasi bersama Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota.

 

20 . BIMTEK PENGELOLAAN ARSIP PEMERINTAHAN DESA ANGKATAN I TAHUN 2015
2015-03-16 08:46:51.346

Setiap kegiatan Instansi, baik organisasi pemerintah maupun swasta bahkan perorangan selalu ada kaitannya dengan arsip. Arsip mempunyai peranan penting dalam proses penyajian informasi, diantaranya untuk membuat kebijakan dan keputusan. Oleh sebab itu untuk menyajikan informasi yang lengkap, cepat, tepat, dan benar harus ada system dan prosedur kerja yang baik serta ada unit kerja yang bertanggungjawab. Arsip merupakan suatu yang hidup, tumbuh dan berkembang sesuai dengan kehidupan masyarakat maupun tata pemerintahan. Sesuai dengan ketentuan tata kearsipan yang sudah baku tentang mekanisme, proses maupun prosedur pengelolaannya, maka penataan, pemeliharaan sampai dengan penyusutannya diperlukan tenaga-tenaga yang trampil dan penuh dedikasi untuk mengelola arsip dimaksud.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur sebagai lembaga Pembina kearsipan di Jawa Timur, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Pemerintahan Desa bagi Sekretaris Desa/Kelurahan se Jawa Timur Angkatan I Tahun 2015 di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kementrian Pendidikan Nasional RI, JL Ketintang Wiyata No. 15 Surabaya, tanggal 23 – 26 Pebruari 2015. Bimbingan Teknis dibuka oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Drs. Sudjono, MM, mengatakan bahwa Salah satu permasalahan kearsipan adalah semakin bertambahya volume arsip, sepanjang pemerintahan desa menjalankan aktivitas, maka arsip akan terus bertambah. Masih banyak kita temui kantor dan ruang penyimpanan arsip berisikan tumpukan arsip yang tidak teratur, bukan tidak mungkin di dalam tumpukan tersebut terdapat arsip penting atau arsip aset pemerintah yang harus diselamatkan. Disinilah kegiatan penataan arsip perlu dilakukan, tujuannya adalah terwujudnya tertib arsip, kemudahan dalam penemuan kembali arsip dan penyelamatan arsip yang memiliki informasi tinggi.

Bimbingan Teknis ini Dihadiri oleh 65 peserta dari  Kabupaten/Kota terpilih. narasumber dan instruktur adalah pejabat struktural yang berkompeten dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan pejabat fungsional Arsiparis di lingkungan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dengan materi pembelajaran terdiri dari 8 pelajaran (36 JP), antara lain adalah Kebijakan Kearsipan di Jawa Timur, Program Arsip Masuk Desa dan manajemen arsip dinamis, Tata Naskah Dinas (teori dan praktek), Pengurusan Surat (teori dan praktek), pemberkasan dan klasifikasi arsip pemerintahan desa(teori dan praktek), Penyusutan dan Pemeliharaan Arsip (teori dan praktek), Aplikasi Arsip Masuk Desa (teori dan praktek), dan Diskusi dan Evaluasi.


Records 1 to 20 of 362